Kamis, 03 Maret 2011

Tomat Buah atau Sayur?

Pertanyaan yang gampang-gampang susah,mungkin berlaku juga untuk mentimun, buah atau sayur.
Tomat kabarnya pertama kali ditanam oleh suku Aztec dan Inca di tahun 700. Menurut buku The Tomato in America yang ditulis oleh Andrew F. Smith, tomat kemungkinan berasal dari dataran tinggi pantai barat Amerika Selatan. Di Wikipedia disebutkan bahwa setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Eropa dan Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Sumber lain menyebutkan bahwa penjelajah Mexico lah yang membawa masuk tomat ke Eropa pada tahun 1556. Tomat menjadi terkenal di Italia setelah ditemukannya pizza di Naples pada akhir 1880an.

Secara botanikal  kata tomat adalah BUAH! Alasannya, buah adalah bagian dari tumbuhan yang bisa dimakan yang mempunyai biji, dan tomat punya biji. Sedangkan sayur adalah bagian dari tumbuhan yang bisa dimakan, yang berupa batang, daun, dan akar. Karena tomat bukanlah batang, daun, ataupun akar, jadi jelas-jelas tomat adalah buah.

Namun perdebatan tidak sampai di sini, selain memang tomat lebih difungsikan sebagai sayur debat apakah tomat itu buah atau sayur sudah berlangsung lama sekali. Di Amerika, tomat masuk ke dalam jenis buah-buahan sampai akhir tahun 1800an. Namun hal itu segera berubah setelah pengadilan di Amerika—United States Supreme Court—mulai menyidangkan kasus “tomat itu buah atau sayur” pada tahun 1883. Sidang yang sungguh konyol memang, tapi sidang itu ternyata penting sekali untuk negara. Pada masa itu, buah-buahan adalah tanaman bebas pajak dan sayur-mayur adalah tanaman yang harus dibayarkan pajaknya. Karena konsumsi tomat cukup tinggi, mungkin saja pemerintah setempat melihat peluang pemasukan pajak yang cukup menjanjikan dari tomat. Dan akhirnya, pada tahun 1893 pengadilan memutuskan bahwa tomat adalah SAYUR

Jadi, pripun niki, buah atau sayur? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih atas kunjungannya ^_^